153 Pelaku Love Scamming Dipulangkan dari Batam, Dikawal 300 Polisi China

Batam – Sebanyak 153 warga negara asing (WNA) asal China pelaku love scaming yang diamankan di Batam, Kepri dan Singkawang, Kalimantan Barat beberapa waktu lalu dipulangkan. Mereka dipulangkan menggunakan 3 pesawat maskapai China Southern dari Bandara Hang Nadim Batam.
“Sebanyak 153 orang WNA asal China ini dipulangkan menggunakan 3 pesawat China Southern. Para pelaku ini diamankan Polda Kepri dan Polda Kalbar,” kata Kadivhubinter Polri, Irjen Krisna Murti, Rabu (20/9/2023).

Krisna menyebutkan kepolisian Indonesia membantu mengantar para pelaku WNA China itu hingga pesawat. Selanjutnya para pelaku love scaming itu akan dikawal oleh 300 polisi China.

“Mereka dikawal 300 petugas kepolisian. Mereka dipulangkan untuk menjalani hukuman di negaranya,” ujarnya.

Krisna menyebutkan, pengungkapan kasus Love Scaming yang dilakukan Polri dan kepolisian China itu untuk meminimalisir kasus kasus transnasional yang dilakukan di Indonesia. Selain itu penukaran informasi juga terus dilakukan.

“Jadi ini adalah kejahatan yang terorganisir yang dikelola dengan nilai investasi yang sangat besar dan keuntungannya juga besar,” sebutnya.

“Divhubinter melakukan kerja sama dengan kepolisian negara-negara lainnya untuk melakukan penangkapan seperti di luar negeri, di Filipina dan Myanmar kita bertukar informasi,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *