Muara Karta SH: Tuduhan Kecurangan Gibran Tidak Berdasar, Roy Suryo Diminta Laporkan ke Pihak Berwenang

Jakarta, Hallaw.com — Pernyataan Muara Karta SH, seorang ahli hukum, mengemuka membela calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka terkait tuduhan kecurangan yang diarahkan padanya. Dalam pandangan Muara Karta SH, tuduhan tersebut tidak memiliki dasar yang kuat, terutama setelah klarifikasi langsung dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait penggunaan mikrofon dan headset oleh semua calon wakil presiden.
Menurut Muara Karta SH, klarifikasi dari Ketua KPU menegaskan bahwa penggunaan tiga mikrofon oleh semua calon wakil presiden merupakan langkah antisipatif untuk mengatasi kemungkinan matinya salah satu mikrofon selama acara. Hal ini dianggap sebagai kebijakan merata yang diterapkan untuk mencegah gangguan teknis.
Pentingnya klarifikasi ini disoroti oleh Muara Karta SH sebagai upaya menjawab tuduhan-tuduhan yang muncul terkait teknis penyelenggaraan acara. Pernyataan tersebut memperkuat argumen bahwa tidak ada kecurangan yang terjadi terkait penggunaan perangkat tersebut.
Muara Karta SH juga mengkritisi cuitan Roy Suryo yang menuduh Gibran menggunakan mikrofon dan headset 7G tanpa dasar yang jelas. Ahli hukum ini menyoroti bahwa jika Roy Suryo memiliki bukti yang mendukung tuduhannya, langkah yang lebih tepat adalah melaporkan hal tersebut kepada pihak berwenang.
“Dalam hukum, cuitan tanpa dasar bukti seperti itu dapat dianggap melanggar beberapa pasal, termasuk Pasal 27 Ayat (3) jo. Pasal 45 Ayat (3) UU RI No.19/2016 tentang Perubahan atas UU No.11/2008 tentang ITE, pasal 311 KUHP, dan pasal 1365 KUHPerdata,” ungkap Muara Karta SH.
Muara Karta SH menegaskan pentingnya menjalani proses hukum yang sesuai dalam menangani sengketa atau konflik semacam ini. Apabila terdapat dugaan pelanggaran atau kesalahan, proses hukum yang berlaku di negara tersebut diharapkan dapat menyelesaikan konflik tersebut dengan adil dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
Meskipun pernyataan Muara Karta SH mencerminkan pandangan hukum tertentu, perlu diingat bahwa pandangan hukum dan fakta dapat berkembang seiring waktu. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat terkait pandangan ahli hukum atas tuduhan kecurangan yang dilontarkan terhadap calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *